Ecobrick

Subakti Bumi Nusantara

23 March 2023

Ecobrick: Mengamankan Plastik untuk Transisi Regeneratif

Plastik adalah bahan yang luar biasa, tetapi juga merupakan masalah besar bagi lingkungan kita. Saat ini, kita menghadapi krisis lingkungan karena limbah plastik yang berlebihan yang mencemari lautan dan ekosistem lainnya. Namun, ada cara sederhana untuk mengambil tanggung jawab pribadi atas plastik kita dan mempercepat transisi plastik ke arah yang lebih regeneratif. Cara itu adalah dengan ecobrick.

Ecobrick adalah teknologi sederhana dan berteknologi rendah yang memungkinkan kita untuk mengamankan plastik dan membangun visi yang lebih hijau. Ecobrick merupakan botol PET yang dikemas padat dengan plastik bekas yang bersih dan kering. Dengan cara ini, ecobrick menjaga plastik agar tidak terdegradasi menjadi racun dan mikroplastik dan keluar dari proses industri berenergi tinggi dan beremisi tinggi.

Proses pembuatan ecobrick sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Pertama, kumpulkan plastik bekas yang bersih dan kering. Kemudian, masukkan plastik ke dalam botol PET dengan kepadatan tertentu sehingga dapat dijadikan blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Setelah banyak ecobrick tersedia, mereka dapat digunakan untuk jangka pendek di unit modular, furnitur lego, dan open spaces. Ecobrick juga dapat digunakan untuk jangka panjang di taman dan bangunan tanah.

Tetapi ecobrick bukan hanya tentang membuat blok bangunan dari plastik bekas. Proses ecobrick juga mewujudkan prinsip-prinsip regeneratif dan visi yang didasarkan pada mengikuti contoh Bumi untuk mengamankan karbon lepas untuk menghijaukan biosfer. Dengan ecobrick, kita dapat memperdalam kesadaran kita akan masalah plastik dan alternatif regeneratifnya – yang kita sebut transisi plastik.

Ecobrick juga merupakan upaya individu dan kolaboratif. Proses ecobrick pribadi meningkatkan kesadaran akan konsekuensi konsumsi dan bahaya plastik untuk mempercepat transisi plastik. Proses kolaboratif memberikan individu dan komunitas pengalaman langsung kehidupan regeneratif dan menunjukkan arah teknologi regeneratif lainnya, seperti pembangunan bumi dan permakultur. Dalam rangka untuk membantu individu dan komunitas memulai ecobrick, The Global Ecobrick Alliance telah mengembangkan sumber daya yang ekstensif, gratis, dan sumber terbuka. Tujuan mereka adalah untuk memberdayakan orang-orang dengan pengetahuan cara membuat ecobrick dan membangun bersama mereka.

Membuat ecobrick adalah solusi mendalam untuk penggunaan plastik kita. Pertama, kita dapat memanfaatkan bahan plastik yang luar biasa dengan sifat-sifat menakjubkan. Kedua, kita dapat menghindari pencemaran lingkungan dengan mengamankan plastik dan mencegahnya menjadi limbah. Ketiga, Ecobrick mewujudkan prinsip-prinsip regeneratif yang menggiring kita semua ke arah yang sehat.

 

Sumber: https://www.ecobricks.org/

Berita & Artikel

Untuk Sampah Yang Sudah Ada...

Untuk sampah yang sudah ada, ada beberapa solusi yang dapa......

Panduan 10 Langkah Membuat Ecobrick...

Panduan 10 Langkah Membuat Ecobrick  Tua, muda, siapa ......

Ecobrick...

Ecobrick: Mengamankan Plastik untuk Transisi Regeneratif Pl......

Apa Itu Global Warming...

Global Warming atau pemanasan global ada......

Addressing the Menace of Plastic Waste i...

Plastic waste continuously being dumped into the sea in Bali......