Panduan 10 Langkah Membuat Ecobrick

Subakti Bumi Nusantara

23 March 2023

Panduan 10 Langkah Membuat Ecobrick 

Tua, muda, siapa pun dapat membuat Ecobrick — tidak perlu mesin maupun keterampilan atau keahlian khusus! Namun demikian, ada panduan penting yang perlu diikuti untuk memastikan kualitas dan kebergunaan Ecobrick Anda.

Pastikan Anda mulai membuat Ecobrick dengan benar — ini adalah kebiasaan gaya hidup yang akan dimulai oleh Anda, keluarga, dan komunitas Anda untuk jangka panjang. Demikian pula, Ecobrick Anda akan menjadi contoh bagi orang-orang di sekitar Anda. Ecobrick yang tidak memenuhi standar akan memengaruhi kualitas modul perabot, bangunan, dan penyebaran sosial Ecobrick, sementara sebaliknya, Ecobrick yang dibuat dengan baik dapat dimanfaatkan dengan aman dan akan melindungi plastik selama berabad-abad. Kami telah menyusun panduan 10 langkah ini untuk membantu Anda dalam perjalanan membuat Ecobrick yang baik.

  1. Simpan, pisahkan, bersihkan, dan keringkan plastik

Ecobrick dibuat dari plastik yang bersih dan kering. Mulailah dengan memisahkan plastik dari bahan-bahan lainnya. Beberapa pembuat Ecobrick membawa botol ke mana-mana. Yang lain menyimpan plastik yang bisa dibuat Ecobrick di suatu wadah sampai mereka sempat mengerjakannya.

Jika ada makanan, minyak, atau kotoran pada plastik, bersihkan terlebih dahulu. Plastik yang kotor di dalam Ecobrick akan menyebabkan pertumbuhan mikroba dan pembentukan metana di dalam Ecobrick Anda (untuk solusi plastik kotor, lihat Ecobrick Samudra). Karena Ecobrick sering digunakan untuk membuat perabot rumah, jangan sampai Ecobrick Anda tidak sedap dipandang, botolnya menggembung, atau, walaupun jarang, tutup botolnya terpental lepas.

Memastikan plastiknya kering juga sama pentingnya! Plastik yang basah dan lembap juga akan menyebabkan pertumbuhan mikroba. Para pembuat Ecobrik di seluruh dunia menggunakan beragam metode untuk mengeringkan plastik yang telah dicuci — mulai dari mesin cuci hingga tali jemuran.

                                                  

  1. Pilih botolmu

Sebelum mulai membua Ecobrick, pilih satu jenis botol tertentu dan hanya gunakan jenis tersebut. Saat tiba waktunya untuk membangun nanti, ukuran Ecobrick yang persis sama penting untuk membuat modul yang kokoh. Ukuran botol yang kurang lebih sama juga membantu saat membangun dengan tanah dan Ecobrick. Diskusikan dengan para pembuat Ecobrick di komunitas Anda untuk bersama-sama membuat pilihan botol yang akan digunakan.

Saat memilih botol yang akan Anda gunakan, pertimbangkan tiga faktor ini: ketersediaan dan volume botol, serta proyek yang akan memanfaatkan Ecobrick yang Anda buat.

  1. Ketersediaan
    Jangan sampai Anda harus membeli minuman hanya demi botol untuk dibuat Ecobrick! Tidak lama lagi, banyak orang di komunitas Anda akan membuat Ecobrick dan idealnya semua menggunakan botol dan merek yang sama. Pastikan Anda memilih botol yang mudah Anda temui.
  2. Volume
    Pilih volume botol yang akan Anda gunakan. Pelatih GEA mengajar pembuatan Ecobrick menggunakan botol dengan volume di bawah 600 ml. Botol-botol besar 1500 ml memang akan menyimpan banyak plastik, tapi juga butuh waktu lama untuk membuatnya! Botol bervolume kecil memungkinkan pembuat Ecobrick pemula menyelesaikan Ecobrick pertama mereka dan dengan cepat belajar dari kesalahan. Botol-botol besar lebih cocok untuk para pembuat Ecobrick yang telah mahir.
  3. Proyek Anda
    Untuk membangun modul dengan Ecobrick, Anda membutuhkan botol-botol yang persissama ukuran dan bentuknya. Untuk proyek-proyek bangunan luar ruang, kesamaan bentuk tidak terlalu penting, asal volumenya konsisten (misalnya seluruhnya botol 600 ml). Tergantung ukuran bangunan, Anda akan membutuhkan botol-botol dengan ukuran berbeda. Contohnya, botol-botol kecil cocok untuk tembok, sementara botol-botol besar cocok untuk bangku.  Lihat Panduan Membangun kami untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai cara pemanfaatan Ecobrick.

 

  1. Siapkan tongkatmu


Para pembuat Ecobrick menjuluki tongkat pengemas mereka ‘tongkat ajaib’ karena mampu menghilangkan plastik! Tongkat yang tepat akan membuat perbedaan besar dalam kegiatan pembuatan Ecobrick Anda. Bambu dan kayu adalah bahan yang paling cocok untuk tongkat ini. Ukuran tongkat tergantung tipe botol yang Anda pilih. Anda membutuhkan tongkat dengan diameter kira-kira sepertiga lebar mulut botol standar–jadi sekitar 6 mm. Panjang tongkat idealnya sekitar dua kali tinggi botol Anda, dengan ujung yang agak membulat. Hindari tongkat bersudut tajam karena dapat merobek botol Anda — dan ya, ini artinya Anda harus memulai pembuatan Ecobrick Anda dari awal! Begitu Anda punya tongkat dengan ukuran dan bentuk yang tepat, Anda sudah siap untuk mulai! Anda kemudian dapat meminjamkannya kepada yang lain untuk dicontoh dan diperbanyak. Begitulah cara Pelatih GEA kami melakukan pelatihannya — lagi-lagi dengan sihir! Satu tongkat bisa jadi banyak!

  1. Jangan masukkan kaca, logam, atau benda-benda yang dapat terurai alami

Yang tidak Anda masukkan ke dalam Ecobrick sama pentingnya dengan yang Anda masukkan! Alasan kita memasukkan plastik ke dalam botol adalah untuk mengamankannya — kalau tidak, plastik akan lolos mencemari lingkungan serta terurai menjadi mikroplastik dan zat-zat beracun. Benda-benda seperti kain katun, logam, kertas, kardus, kaca, dan bahan-bahan organik tidak akan terurai menjadi zat-zat beracun sehingga tidak perlu diamankan. Pastikan benar Anda tidak memasukkan logam atau kaca yang tajam ke dalam Ecobrick — keduanya dapat merobek permukaan botol dan membahayakan penanganannya. Ada solusi lain untuk bahan-bahan ini:

Kertas dan kardus dapat secara aman didaur ulang skala industri, dibuat kompos, atau dibakar.

Bahan-bahan yang dapat terurai alami bisa dibuat kompos atau dibiarkan agar terurai alami.

Logam dan kaca dapat didaur ulang skala industri.

  1. Mulailah dengan warna di dasar botol

Penting untuk memulai Ecobrick Anda dengan warna di dasar botol. Ini bagian dari prinsip desain sirkular membuat Ecobrick: kita memikirkan pemanfaatan berikutnya dari Ecobrick. Ketika Ecobrick Anda dimanfaatkan dalam modul atau bangunan tanah, warna di dasar botol akan membantu membentuk pola dan desain.

Untuk membuat warna di dasar Ecobrick Anda, pilih plastik lunak dengan warna polos, kemudian dorong ke dasar Ecobrick Anda. Anda perlu mengisi kira-kira setengah tinggi botol dengan plastik lunak dalam warna pilihan Anda. Lalu, padatkan dengan tongkat. Jika botol Anda memiliki “kaki” atau lesung di dasarnya, pastikan Anda mengisinya hingga penuh dan padat. Begitu semua plastik lunak Anda sudah terpadatkan, isi bagian bawah botol hingga setinggi 1-2 cm.

Biasanya sekolah atau perusahaan akan meminta para pembuat Ecobrick untuk membuat Ecobrick dalam warna komunitas mereka. Dengan memberi warna pada bagian dasar Ecobrick, Anda membuka kemungkinan terhadap desain yang berwarna-warni untuk membuat modul atau tembok tanah dan Ecobrick.

  1. Isi botol hingga padat dengan mencampur plastik ke dalamnya

Sekarang saatnya mengemas! Potong atau robek-robek plastik berukuran besar menjadi bagian-bagian kecil. Semakin kecil ukurannya, semakin padat hasilnya! Isi setengah tinggi botol dengan plastik, kemudian gunakan tongkat untuk mendorong plastik ke seluruh sisi botol. Terus dorong dan lakukan ini untuk seluruh sisi keliling botol. Setelah padat, tambahkan plastik lagi. Untuk memaksimalkan kerapatan, sebaiknya selang-seling isinya antara plastik lunak dan keras. Jika ini adalah Ecobrick pertama Anda, timbang sesekali untuk memastikan Anda mencapai target berat minimum.

Apakah Anda mendorong terlalu keras? Dalam beberapa kasus, walaupun jarang, ketika Anda menggunakan tongkat tajam, botol tipis, atau tenaga yang terlalu besar, Ecobrick akan robek. Jika demikian, mulai lagi. Botol-botol yang robek tidak akan awet dan plastik dapat bocor keluar. Potong botolnya, keluarkan plastiknya, lalu mulai lagi. Plastik PET yang sudah dipotong atau rusak siap didaur ulang.

  1. Timbang Ecobrick Anda untuk memastikan kualitasnya

Berat vs volume Ecobrick Anda adalah indikator yang baik untuk kualitas Ecobrick Anda. Ecobrick yang padat dan kokoh dikemas dengan rapat. Volume keseluruhan botol terpakai untuk plastik dan tidak ada udara atau ruang yang tersisa di dalamnya. GEA telah menentukan bahwa kerapatan minimum Ecobrick yang perlu dicapai adalah 0,33 g/ml untuk dapat dinyatakan lolos. Ini artinya botol berukuran 600 ml akan memiliki berat minimum 200 gram, sementara botol 1500 ml akan memiliki berat minimum 500 gram. Pembuat Ecobrick yang berpengalaman cenderung menggunakan kerapatan 0,37g/ml ke atas sebagai kisaran kerapatan Ecobrick yang baik.

Kami menemukan bahwa mewajibkan kerapatan minimum pada pembuatan Ecobrick di komunitas Anda itu penting untuk memastikan Ecobrick yang dihasilkan berkualitas. Ecobrick yang berkualitas memastikan bangunan yang kokoh dan aman serta memanfaatkan volume maksimal botol untuk mengamankan plastik dari lingkungan.

Ecobrick yang kerapatannya di bawah 0,33 g/ml terlalu lembek untuk dimanfaatkan sebagai modul dan tidak ideal untuk bangunan tanah. Ecobrick yang lembek dapat memengaruhi konstruksi struktural dan mudah penyok, yang mengurangi usianya. Ecobrick berkerapatan rendah juga rentan terbakar karena masih mengandung kantong-kantong udara.

Sebaliknya, Ecobrick padat yang memenuhi seluruh panduan GEA adalah sesuatu yang dapat Anda banggakan dan menjadi inspirasi bagi orang lain! Berat dan kualitas sebuah Ecobrick menjadi contoh yang menginspirasi bagi orang lain dan mendorong sosialisasi Ecobrick. Ketika orang lain melihat dan memegang Ecobrick buatan Anda, mereka akan langsung mengerti bahwa sesuatu yang penting telah terjadi: “limbah” telah ditransformasi menjadi sesuatu yang secara fundamental bermanfaat.

  1. Tutup dan catat

Setelah Ecobrick Anda terkemas sepadat mungkin, sekarang Anda perlu menutupnya! Pertama-tama, pastikan isi Ecobrick Anda tidak meluap. Harus ada jarak sekitar 1-2 cm antara tutup botol dengan plastik di dalamnya. Tutup botol (HDPE) terbuat dari jenis plastik yang berbeda dari botol (PET) dan merupakan bagian terlemah Ecobrick. Jika plastik ini sedikit saja menekan tutup botol, tekanan akan membuatnya retak setelah bertahun-tahun. Selain itu, pastikan Anda menghindari jenis tutup berengsel atau olahraga (biasanya untuk disedot) ketika menutup Ecobrick Anda karena jenis tutup seperti itu rapuh dan akan mudah rusak seiring waktu.

Setelah ditutup, saatnya untuk mencatatkan Ecobrick Anda! Mencatat data-data kunci Ecobrick adalah bagian penting dari pembuatan Ecobrick, baik Anda melakukannya sendiri atau sebagai bagian dari komunitas. Secara khusus ini penting bagi para pemimpin komunitas. Anda dapat menggunakan lembar catatan, tabel, atau aplikasi GoBrik untuk mencatat data-data seperti…

Nama pembuat Ecobrick

Berat akhir Ecobrick

Tanggal dan tahun pembuatan Ecobrick

Proyek tujuan

Nomor Seri (dikeluarkan oleh Aplikasi GoBrik)

Mencatat Ecobrick penting untuk menghitung dampak keseluruhan Anda, memantau kualitas, dan mempersiapkan proyek bangunan. Dengan mencatat berat Ecobrick, Anda dapat menjumlah berat seluruh Ecobrick buatan Anda dan menghitung total plastik yang telah Anda amankan dari lingkungan. Dengan mencatat nama dan berat, Anda menunjukkan tanggung jawab kualitas. Dengan mencatat jumlah Ecobrick yang berhasil Anda selesaikan, Anda akan tahu kapan Anda siap berlanjut ke tahap membangun proyek Anda. Dengan mencatat tanggal pembuatan, Anda membuat orang-orang di masa depan tahu bahwa saat ini kita peduli dengan dunia yang mereka tinggali.

Kami telah bekerja keras menyiapkan aplikasi web universal yang dapat Anda gunakan untuk mencatat dan menghubungkan Ecobrick Anda dengan Ecobrick-Ecobrick lain di komunitas Anda. Cukup kunjungi www.GoBrik.com dari peramban di ponsel Anda, masuk dengan Facebook atau email, buat akun, dan mulailah mencatatkan Ecobrick buatan Anda. GoBrik akan melakukan sisanya — menyusun statistik untuk Anda dan komunitas Anda. Kami juga telah menyediakan diagram garis dan formulir contoh di Panduan Visi Ecobrick yang dapat difotokopi untuk mencatat Ecobrick di sekolah.

  1. Tuliskan keterangan

Saat mencatatkan Ecobrick Anda, pastikan Anda juga mencatat data-data kunci itu di Ecobrick Anda. Tuliskan berat, data, nomor seri, dll. ke permukaan Ecobrick yang telah dicatatkan dan didaftarkan. Pastikan Anda menggunakan alat tulisan dengan tinta permanen untuk mencatat Ecobrick Anda. Ecobrick Anda akan bertahan selama berpuluh-puluh hingga beratus-ratus tahun. Semakin banyak informasi yang bisa kita tinggalkan bagi generasi berikutnya, semakin kaya hadiah kita ini. Setelah melakukan sejumlah eksperimen, kami menemukan bahwa cat enamel dan cat kuku adalah yang paling sesuai untuk keperluan ini.

 

Hindari menggunakan label kertas, lakban, atau stiker untuk mencatat data. Metode ini hanya akan bertahan beberapa tahun sebelum lepas.

Hindari menggunakan spidol permanen. Tidak saja tintanya tidak akan bertahan lama di PET, tapi juga terbuat dari bahan yang tidak dapat didaur ulang dan tidak dapat dibuat Ecobrick.

Cat enamel biasanya dijual dalam kaleng logam atau stoples kaca. Wadah-wadah ini dapat didaur ulang dengan efektif.

Gunakan kuas untuk menuliskan data Ecobrick dengan hati-hati dan teliti. Cat menyatu dengan plastik dan nyaris mustahil untuk dihapus.

Gunakan warna-warna kontras seperti putih dan hitam untuk membuat tulisannya mencolok.

Cat kuku adalah sejenis cat minyak dan juga dapat menulisi Ecobrick secara permanen.  Namun demikian, biasanya sulit untuk menulis dengan jelas menggunakan kuas cat kuku. Selain itu, bau cat kuku yang mengering terlalu menyengat.

Beberapa pembuat Ecobrick berinovasi dengan metode-metode lain — seperti menggores permukaan Ecobrick atau menyelipkan label plastik yang sudah ditulisi ke dalam botol itu sendiri.

  1. Simpan Ecobrick Anda

Setelah selesai, Anda perlu menyimpan Ecobrick Anda sampai jumlahnya cukup untuk proyek Anda. Simpan Ecobrick di dalam ruang, jauh dari sinar matahari. Jika memungkinkan, lindungi dengan kain atau terpal dari debu dan kotoran (PET menarik debu dan zat-zat kimia yang sulit dihilangkan.) Tumpuk secara horizontal, dengan bagian dasar menghadap ke luar. Ini memungkinkan Anda menyusun Ecobrick berdasarkan warna dan merek–yang nantinya akan memudahkan perencanaan dan pelaksanaan proyek.  Menyimpan Ecobrick sedikit lebih tinggi dari lantai juga lebih baik–tikus suka menggigiti botol! Idealnya, Ecobrick disimpan lebih tinggi dari tanah (di lantai atau panggung kayu) dan sepenuhnya terlindung dari sinar matahari dan elemen-elemen lain. Paling baik jika Ecobrick ditumpuk secara horizontal dengan bagian dasar menghadap ke luar.

                                                  

Berita & Artikel

Untuk Sampah Yang Sudah Ada...

Untuk sampah yang sudah ada, ada beberapa solusi yang dapa......

Panduan 10 Langkah Membuat Ecobrick...

Panduan 10 Langkah Membuat Ecobrick  Tua, muda, siapa ......

Ecobrick...

Ecobrick: Mengamankan Plastik untuk Transisi Regeneratif Pl......

Apa Itu Global Warming...

Global Warming atau pemanasan global ada......

Addressing the Menace of Plastic Waste i...

Plastic waste continuously being dumped into the sea in Bali......